Uji Kestabilan Graphics Card untuk Game PC

ASUS GT 630 SILENT

Berbeda dengan peserta lainnya, ASUS GT 630 Silent tampil mungil dengan interface PCIe x8. Dilihat dari bentuknya, ASUS GT 630 bukanlah graphics card yang didesain untuk bermain game kelas berat. Hal itu terbukti dari angka rata-rata yang dihasilkan pada saat bermain game Watch Dogs dengan setting ULTRA. Baik menggunakan resolusi Full HD maupun 1280 x 720, graphics card ini hanya mampu menampilkan angka rata-rata frame di bawah 10 fps. Agar game berjalan lebih mulus, Anda dapat menggunakan setting LOW.

ASUS R7 260

Meski tampil lebih baik dibandingkan dengan ASUS GT 630 Silent, graphics card ini masih belum mampu menjalankan game Watch Dogs dengan mulus. Pada resolusi Full HD, ASUS R7 260 harus bekerja keras untuk menghasilkan efek visual grafis yang ditampilkan. Namun untuk resolusi 720p, Anda hanya perlu menurunkan sedikit efek visual grafis seperti Anti-Aliasing, Shadows, dan Level of Detail. Pasalnya, pada resolusi tersebut, graphics card ini dapat menghasilkan angka rata-rata frame sebesar 21,60.

GIGABYTE R9 270X OC WINDFORCE

Berbeda dengan nasib ASUS R7 260, graphics card ini masih cukup prima untuk menjalankan Watch Dogs pada resolusi Full HD. Meski begitu, ada beberapa setting visual grafis yang harus dikurangi agar game dapat berjalan dengan lebih lancar. Pada resolusi Full HD sendiri graphics card ini dapat meraih angka ratarata frame 23,41. Sedangkan pada resolusi 720p, angka rata-rata frame yang dihasilkan adalah 40,68 fps. Cukup kurangi sedikit setting Anti-Aliasing agar game dapat dimainkan dengan lancar.

SAPPHIRE TRI-X R9 290X

GPU Hawaii yang tertanam di dalam graphics card ini mampu mengantarkan Sapphire Tri-x R9 290X meraih angka rata-rata frame yang cukup tinggi. Bahkan, dengan RAM sebesar 4 GB, Anda masih cukup leluasa untuk meningkatkan setting efek visual grafis. Namun tentunya hal itu akan mengorbankan performa yang dihasilkan. Tidak hanya pada resolusi 720p, pada resolusi Full HD pun graphics card ini masih mampu menampilkan angka rata-rata frame di atas 40 fps dengan menggunakan preset ULTRA.