Tips Menata Rumah agar Berkesan Lebih Hangat

Aksen Hitam Dan Cermin

Tidak semua dekorasi ruang serba cokelat. Di ruang tamu, Monalisa dan Rudy menempatkan sofa, karpet, dan bantal berwarna hitam. Alasannya, hitam memberi aksen sekaligus mengubah kesan yang monoton. Di tengah terdapat meja kayu solid. Jumlahnya dua buah dengan diameter sekitar 40cm. Dua meja itu melengkapi satu set sofa lain berwarna krem senada dengan warna lantai. Padupadan sofa dan meja selaras dengan aksesori yang terpasang di sana. Rudy juga menempatkan bronze mirror pada tembok ruang itu. Cermin itu berhasil mengubah kesan sempit jadi lapang dan terang.

Panel Kaca Di Ruang Keluarga

Panel TV berbahan kaca hitam berada pada dinding ruang keluarga. Kiri dan kanan panel itu dibuat menonjol. Sementara bagian bawahnya menggantung demi memberi kesan ringan. Deretan partisi di samping panel tak berbeda. Partisi itu membatasi ruang tamu dan ruang keluarga. Antarpartisi, terdapat ambalan untuk memajang benda seni hasil koleksi. Seperti halnya konsep warna cokelat pada interior rumah, pada panel ini pun demikian. Warna cokelat dihasilkan dari lapisan HPL yang membungkus tripleks. Serat dan warna gradasi cokelat berhasil membuat panel indah memikat. Selain panel, ruang keluarga ini didukung pencahayaan yang tepat. Pada plafon terpasang lampu yang tersembunyi pada coakan plafon. Alhasil yang terlihat hanya pendar cahaya kekuningan. Agak temaram, namun kesannya hangat.

Meja Kayu Solid

Ada dua hal menarik di area makan. Pertama, meja dan kursi makan dari kayu solid. Mejanya agak tebal. Kakinya pun demikian. Meja dan kaki itu diperkuat oleh balok kayu yang memanjang. Kursi makan beda lagi. Bentuknya memanjang dengan sandaran yang menerus hingga bawah sekaligus sebagai rangka. Tanpa lengan, agar kursi mudah digunakan. Warna cokelat dari dua furnitur itu bukan hanya memperkuat konsep interior, namun memberi aksen. Kedua, lampu gantung mirip sarang lebah. Rumah lampunya dari rotan yang dianyam dan dicat hitam. Di dalamnya terpasang bohlam warna kuning. Dua lampu itulah yang menyinari area meja makan.

Kamar Utama Berlantai Parket

Kamar tidur utama berada di lantai dua. Dinding kamar menggunakan panel yang dihias corak garis. Pada plafon dibuat dropceiling yang memungkinkan lampu dapat tersembunyi. Dinding dan plafon itu membuat kamar jadi lebih personal. Yang membuat kamar ini personal juga adalah ranjang. Dipannya bukan kayu biasa, namun dibungkus bahan dari kain sintetis. Busa agar empuk diduduki. Sementara itu, pada hearboard dibuat dari tripleks yang dibungkus kain fabric. Tidak terikat pada ranjang, melainkan menempel pada dinding. Kreatif. Lihatlah lantainya yang berbahan parket cokelat. Saat diinjak terasa empuk. Saat dipandang begitu menawan. Lantai itu yang membedakan dengan kamar lain yang berbahan keramik biasa.

Hijau Menyegarkan

Balkon dengan satu set kursi rotan sintetis bercat putih. Bentuknya mirip telur yang dicoak tengahnya. Bentuk itu memberi kesan lebih dinamis. Jok kursi dari busa yang dibungkus kain sintetis. Pada meja dilengkapi kaca transparan. Di balkon ini, kita juga bisa menemukan hiasan pada lantai. Satu parket kayu, satu lagi karpet rumput sintetis. Kombinasi dua bahan itu membuat balkon terlihat beda dan elok dipandang.

Selain membuat hangat rumah juga dibutuhkan kesejukan agar nyaman. Sebuah AC untuk penyejuk ruangan tentunya membutuhkan aliran listrik terus menerus jika digunakan. Untuk memberikan kenyaman di rumah diperlukan sebuah genset sebagai sumber listrik alternatif. Harga genset untuk rumah tangga yang murah bisa didapatkan dari agen distributor resmi jual genset 100 kva di Surabaya.