Tips Agar Masa Panen Sukses Bagian 3

Serangan biasanya terjadi pada fase vegetatif karena titik tumbuh dimakan larva penggerek batang. “Implikasinya besar, petani jangan baru bertindak setelah kejadian (trouble fixing) atau malah menunggu dampaknya setelah 120 hari,” harapnya. Untuk melindungi tanaman padi dari ancaman penggerek batang, petani sebaiknya memilih insektisida yang bisa memberikan perlindungan dengan durasi panjang. Hal ini dijelaskan Iman lantaran penggerek batang dapat menyerang pada semua stadium pertumbuhan padi.

Berkaca pada kasus tersebut, Iman mengutarakan, FMC memiliki dua insektisida yang bisa diandalkan, yakni Ferterra 0,4GR dan Prevathon 50SC. Ferterra memberikan perlindungan dari serangan peng gerek batang seawal mungkin. Ferterra cukup diaplikasikan dua kali dalam satu musim. Dengan dosis 8 kg/ha, penggunaan Ferterra bisa dicampur dengan pupuk dan aplikasi pertama pada 7-10 hari setelah tanam (HST) untuk mengendalikan sundep. Aplikasi berikutnya pada umur 35-45 HST supaya tidak mematikan malai.

Petani juga bisa mengaplikasikan Prevathon sebanyak 3 ml/l air dengan volume semprot 250 l/ha. Insektisida berbahan aktif klorantraniliprol 50 g/l ini bisa diaplikasikan dua kali selama musim tanam, yaitu pada umur 21 dan 28 HST. Sedangkan untuk wereng, Iman mengungkapkan, wilayah Pantai Utara Jawa (Pantura) sudah menjadi daerah endemik. Serangan wereng tetap ada meskipun musim tanam telah berganti. Hama ini pun merupakan salah satu vektor virus yang menyerang tanaman padi dan bertahan pada jaringan tanaman yang masih hidup.

Serangan wereng bisa menyebabkan padi seperti terbakar menjadi kering dan pertumbuhan yang kerdil. Sebagai solusi pengendalian, sebaiknya lahan pertanaman padi dikeringkan untuk mengurangi kelembapan saat ada serangan hama. Untuk pencegahan, petani dianjurkan memperhatikan Pengendalian Hama Terpadu (HPT). “Penting juga untuk sanitasi lingkungan seperti membersihkan gulma,” jabarnya. Petani, lanjutnya, bisa menggunakan Stargate 600 SC di persemaian.

Dengan bahan aktif clothiaidin 600 g/l, petani cukup mengaplikasikannya dengan dosis 300 ml/ha, terbilang rendah. Penerapannya bisa dengan cara semprot, kocor, dan perlakuan benih. Stargate cepat terserap oleh tanaman, memiliki efek yang tahan lama dan tidak mudah tercuci oleh air hujan. Penggunaan insektisida ini pun bisa mengendalikan hama yang resisten terhadap insektisida lainnya.