Memilih wireless router dengan storage atau network attached storage (NAS)

Teknorus.com – Kenapa Anda memerlukan wireless router? Bukankah alat tersebut digunakan untuk mengakses Internet saja ? Jawabannya bisa ya, bisa juga tidak. Peran wireless router sebagai HotSpot memang peran yang umum dan wajib. Namun demikian, wireless router masa kini sudah mempunyai banyak fungsi. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya bisa menggantikan fungsi dari sebuah PC (karena sejatinya, router sendiri adalah komputer).

Baca juga : Gambar Keren

Anda bisa ‘menyulap’ sebuah router menjadi print server dan juga mesin download, tergantung dari jenis dan tipe perangkatnya. Lalu apa kaitan router dengan multimedia di ruang santai? Seperti kita ketahui, perkembangan teknologi juga dialami oleh TV, yang dalam hal ini adalah TV yang tergolong dalam “TV Pintar”. TV pintar saat ini sudah bisa menangkap signal Wi-Fi, bahkan Anda bisa saja browsing dan melihat video di YouTube tanpa bantuan PC.

Untuk itulah Anda bisa perlu menggunakan wireless router yang mampu menangani kebutuhan multimedia Anda di rumah. Banyak hal yang bisa jadi pertimbangan dalam memilih wireless router, seperti kuatnya jangkauan, spesifikasi, juga feature-nya. Dalam hal posisi, ada baiknya jika Anda menggunakan wireless router yang memiliki kualitas signal yang baik. Dalam hal ini, Anda bisa memperhatikan antena yang memiliki dBi yang tinggi.

Jika kurang memuaskan, Anda bisa menggantinya dengan antena lain dengan memperhatikan power output-nya. Spesifikasi wireless router juga merupakan hal yang patut diperhatikan. Wireless router kelas value di bawah Rp. 500.000,00 tentu akan jauh berbeda dibanding yang berharga jutaan rupiah. Tentu saja, kami menyarankan Anda untuk mengambil router yang berkualitas baik, yang mempunyai RAM tinggi.

Jika menggunakan wireless router yang mumpuni, Anda bisa streaming video kualitas Full-HD langsung dari wireless router tanpa merasakan lag karena spesifikasinya mendukung. Router dengan “otak” dual-core juga akan membantu Anda dan keluarga untuk streaming file berbarengan dengan lancar. Agar dapat menikmati video Anda tanpa download dari router-nya terlebih dahulu, alias streaming, Anda perlu meng-copykan file video tersebut ke storage media seperti flash disk atau hard disk eksternal terlebih dahulu.