Memilih wireless router dengan storage atau network attached storage (NAS) II

Teknorus.com – Hal ini hanya memungkinkan jika Anda menggunakan router yang memiliki slot USB dan fasilitas media center. Jika Anda memiliki budget yang cukup, sebaiknya beli perangkat, seperti ASUS RT-N14UHP yang harganya terjangkau atau ASUS RT-AC68U/Linksys AC1900 yang sudah menggunakan standar AC. Adapun, standar AC merupakan standar Wi-Fi terbaru dan tercepat, sehingga bisa Anda jadikan investasi untuk beberapa tahun ke depan.

Baca juga : Gudang Movie

Jangan lupa, jika Anda ingin agar PC desktop dapat menangkap Wi-Fi, Anda harus memastikan feature motherboard yang digunakan, karena ada yang mendukungnya secara native. Jika tidak, maka Anda perlu mengeluarkan kocek tambahan kisaran seratus ribu untuk membeli Wi-Fi Adapter standar a/b/g/n, atau menambah beberapa ratus ribu lagi untuk yang sudah menggunakan standar AC. Wi-Fi adapter ini tersedia dalam bentuk internal (di-install pada PCI / PCI Express) ataupun USB.

Perhatikan pula posisi PC Anda. Pasalnya, jika diletakkan di bagian yang tertutup, penerimaan signal dari Wireless Router akan terganggu. Selain Wireless Router, untuk melengkapi jaringan, Anda juga bisa menggunakan NAS atau Network Attached Storage. Perangkat yang satu ini, kurang lebih mirip dengan hard disk eksternal, namun memiliki keunggulan lebih, layaknya sebuah PC.

Tetapi Anda hanya bisa mengakses perangkat ini melalui network. NAS mampu mem-backup data-data Anda secara langsung dan mentransfernya ke hard disk Anda juga secara langsung. Menariknya, perangkat seperti wireless router dan NAS ada yang memiliki fasilitas private cloud yang memungkinkan Anda mengakses file secara online dan juga lokal.

Hal ini dapat membantu Anda yang kerap menggunakan file bersama seperti DLNA hingga iTunes server. Contoh dari NAS yang cocok Anda gunakan di rumah adalah LinkStation dari Buffalo, ataupun Qnap Home Automation. Perangkat ini juga mampu digunakan juga sebagai Personal Cloud yang bisa diakses secara lokal.