Anak Menolak Ikut Bimbel

Ibu Mayke yang baik, saya berencana mengikutkan anak lelaki saya (11 ) pada bimbingan belajar mengingat tahun depan ia akan menghadapi ujian akhir SD. Karena di sekolah tidak menyelenggarakan bimbingan belajar, maka saya mendaftarkan di luar sekolah. Tapi ia menolak dengan alasan tidak ada teman yang dikenalnya. Masalahnya, di rumah ia juga malas belajar. Sikapnya juga masih emosional, mudah marah, dan mudah menangis. Yang saya tanyakan, bagaimana agar anak saya mau ikut bimbingan belajar dan punya semangat belajar mandiri? Mohon jawaban Ibu Mayke. Terima kasih. Fellarosa – via e-mail (Jakarta).

Anak Ibu belum mampu mengatur dirinya, biasanya selain karakter anak, pengasuhan ikut memegang peranan yang besar. Tanpa disadari, sejak dia kecil, orangtua tidak melatih anak mandiri dan cenderung membantu anak. Anak sudah terbiasa diatur oleh orangtua, nyaman dengan segala sesuatu yang sudah disediakan orangtua di rumah, sehingga inisiatifnya tidak berkembang.

Ia pun tidak terbiasa bersosialisasi dengan teman sebaya sehingga tidak siap ketika harus berbaur dengan orang baru. Kini ketika usianya beranjak remaja, orangtua mulai merasa kewalahan dan tidak lagi menoleransi ketergantungan anak pada orang lain. Tetapi di di lain sisi, anak tidak bisa dipersalahkan sepenuhnya, sebab dia tidak punya pengalaman untuk bertanggung jawab pada dirinya sendiri.

Guna menanggulangi situasi ini, Ibu perlu menjelaskan pada anak, apa keuntungan ikut bimbingan belajar; besarkan hatinya bahwa masalah teman baru merupakan tantangan yang perlu dia hadapi dan atasi. Bila dia tetap memilih tidak mau ikut bimbingan belajar, maka Ibu perlu merelakan dia untuk menerima konsekuensi terburuk, misalnya tidak naik kelas. Anak perlu belajar untuk menghadapi konsekuensi terhadap pilihannya sendiri agar selanjutnya dapat menarik pelajaran penting dari keteledorannya selama ini.

Berikan pengertian kepada anak agar mau ikut kursus agar dia mendapatkan bekal ilmu untuk masa depannya. Terutama untuk anak yang akan mengikuti tes IELTS untuk lebih memperhatikan lagi persiapannya. Tempat kursus IELTS Jakarta terbaik adalah salah satunya sebagai sumber persiapan yang matang untuk menyelesaikan semua soal tes.